Tuesday, July 23, 2013

Pengganti Kopi Saat Ngantuk

Saat mengantuk, seringkali orang-orang melakukan pelarian pada minuman kopi. Namun, minuman kopi sebaiknya tidak menjadi salah satu minuman harian karena bisa menyebabkan kecanduan kafein.

Ada banyak makanan yang bisa menggantikan kopi untuk menghilangkan kantuk. Dengan makanan pengganti ini, maka Anda tidak akan banyak mengonsumsi kopi dan mengurangi resiko kecanduan kafein dan dampak buruk kopi lainnya.



Makanan Pedas

Sebenarnya makanan ini bisa membantu mengurangi kantuk. Namun, jangan konsumsi makanan pedas dalam jumlah yang berlebihan karena bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan meski Anda tahan dengan rasa pedas. Memberikan sedikit rasa pedas pada makanan Anda bisa merangsang sirkulasi darah dan membuat kita tetap segar.


Cokelat Hitam

Pilih cokelat hitam sebagai salah satu makanan penghilang kantuk. Dengan makan cokelat, bisa meningkatkan semangat karena cokelat mengangkat hormon-hormon bahagia dalam diri Anda. Hindari cokelat yang kaya akan pemanis karena semakin banyak kandungan kakao daripada kandungan gula, akan semakin bagus.

Makanan Asam

Pilihlah makanan yang mengandung lemon, asam, atau jeruk. Makanan seperti ini bisa membantu Anda menyuplai vitamin C dan sensasi rasanya bisa membuat mata Anda yang tadinya selalu ingin 'merem' jadi kembali 'melek'.

Apel dan Melon

Ternyata konsumsi apel dan melon bisa membantu Anda untuk tahan ngantuk. Konsumsi apel dan melon yang segar serta manis alami bisa menyegarkan mulai dari mulut, kerongkongan, otak, hingga seluruh tubuh Anda. Selain mengandung vitamin, buah apel dan melon sangat nikmat dimakan di sela-sela kebosanan Anda.

Air Putih

Masih banyak yang meragukan kekuatan air putih sebagai penghilang kantuk dalam sekejap. Air putih mampu menghidrasi tubuh sehingga ketika meminumnya, dalam beberapa saat rasa kantuk mulai menurun. Lakukan saat Anda baru bangun tidur dan butuh rasa segar yang instant.

Hindari konsumsi kopi yang terlalu banyak. Peneliti menemukan bahwa untuk mendapatkan tubuh yang selalu segar, tubuh kita membutuhkan sarapan dan makanan yang berimbang, bukan kafein. Semoga tips ini bisa mengurangi ketergantungan Anda pada minuman kopi.

0 comments:

Post a Comment

 

Trending Topic